Berenang Sejak Usia Dini Meningkatkan Intelegensi Anak

Mulai belajar renang

Pengenalan Air untuk Anak-anak

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh German Sports College di Cologne Jerman, anak yang sudah belajar renang sejak usia dini disamping meningkatkan kemampuan fisiknya juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan intelejensi, kemampuan berkonsentrasi, reaksi motorik dan juga kemampuan dalam interaksi sosial.
Penelitian ini dilakukan selama beberapa tahun untuk menyelidiki pengaruh latihan gerakan pada anak-anak usia pra sekolah.
Secara umum penelitian ini membuktikan bahwa anak-anak yang sudah dilatih untuk berenang sejak usia dini (usia 3 bulan) memiliki tingkat kecerdasan rata-rata lebih tinggi, lebih mampu dan berani beradaptasi dengan lingkungan sosialnya (baca: tidak pemalu) dan lebih independen.
Para peneliti ini meyakini bahwa pengaruh positif ini tidak hanya disebabkan oleh latihan fisik semata tetapi juga oleh faktor psikologi selama latihan.

Kendala yang sering dihadapi para orang tua untuk mengajak anak-anaknya belajar renang adalah karena anak takut air. Menurut artikel yang ditulis oleh Kelly Chin, pada jiwa anak-anak perlu dikembangkan sikap asosiasi ‘fun, family, and love’ dengan air pada usia sedini mungkin. Jika asosiasi ini sudah terbentuk maka ketakutan akan air akan jauh berkurang. Oleh karena itu keterlibatan (kasih sayang) orang tua sangat diperlukan pada masa-masa awal anak mulai belajar berenang.
Takut dengan air berkembang ketika anak dihadapkan pada elemen-elemen berbahaya dan ketidaknyamanan sejak usia dini. Perasaan bawah sadar ini akan terbawa sampai anak menjadi dewasa. Inilah salah satu manfaat nyata dari berenang dan mengapa hal ini sangat krusial dalam proses perkembangan psikologi anak.

Leave a Reply